Struktur Kurikulum
No | Mata Pelajaran | KELAS | |||||||||||||
I | II | III | IV | V | VI | ||||||||||
SDI | SDI | KH | BL | AKSL | KH | BL | AKSL | KH | BL | AKSL | KH | BL | AKSL | ||
MUATAN NASIONAL | |||||||||||||||
1 | Agama Islam & Budi Pekerti | 6 | 6 | 6 | 6 | 6 | 6 | 6 | 6 | 6 | 6 | 6 | 6 | 6 | 6 |
2 | PPKn | 5 | 6 | 6 | 6 | 6 | 4 | 4 | 4 | 4 | 4 | 4 | 4 | 4 | 4 |
3 | Bahasa Indonesia | 9 | 8 | 10 | 10 | 10 | 7 | 7 | 6 | 7 | 7 | 7 | 9 | 9 | 9 |
4 | Matematika | 6 | 6 | 7 | 7 | 7 | 7 | 7 | 7 | 7 | 7 | 7 | 10 | 10 | 9 |
5 | IPA | 4 | 4 | 4 | 4 | 4 | 4 | 6 | 6 | 6 | |||||
6 | IPS | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 3 | 3 | 2 | |||||
7 | Seni Budaya Dan Prakarya | 3 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 |
8 | Pend.Jasmani Olahraga dan Kesehatan | 3 | 3 | 3 | 3 | 3 | 3 | 3 | 3 | 3 | 3 | 3 | 3 | 3 | 3 |
MUATAN LOKAL | |||||||||||||||
9 | Bahasa Inggris | 4 | 4 | 4 | 4 | 6 | 4 | 4 | 6 | 4 | 4 | 6 | 4 | 4 | 6 |
10 | Komputer | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 |
11 | Al Qur’an / Iqra | 4 | 4 | 3 | 3 | 2 | 3 | 3 | 3 | 3 | 3 | 3 | 3 | 3 | 3 |
12 | Pramuka | 2 | 3 | 3 | 3 | 3 | 3 | 3 | 3 | 3 | 3 | ||||
JUMLAH | 44 | 44 | 49 | 49 | 50 | 49 | 49 | 50 | 49 | 49 | 51 | 52 | 52 | 52 |
Proses Kegiatan Evaluasi Pembelajaran
- Penilaian Formatif/Harian
Dilakukan oleh guru untuk pencapaian Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar yang terdapat pada kurikulum. - Pekan Penilaian
Dalam satu semester dilaksanakan 2 kali pekan penilaian, Pelaksanaannya seperti Penilaian Akhir Semester. - Penilaian Akhir Semester
Dilaksanakan pada setiap akhir semester program akselerasi, tujuannya untuk mengukur pencapain Standar Kompetensi dan Kompetensi dasar yang dilaksanakan pada semester tersebut. - Penilaian Akhir Tahun
Dilaksanakan pada setiap akhir Tahun Pelajaran tujuannya untuk mengukur pencapain Standar Kompetensi dan Kompetensi dasar dalam satu tahun pelajaran
Program Pembinaan Karakter Keimanan dan Ketaqwaan
- Sholat Dhuha
Pembiasaan sholat Dhuha melatih siswa cinta beribadah dan mewujudkan rasa syukurnya kepada sang Pencipta, dilakukan oleh siswa di bawah bimbingan guru pada saat jam istirahat. - Sholat Berjamaah
Sholat Zhuhur untuk kelas 1-2 dilakukan di kelas di bawah bimbingan guru kelas dengan bacaan sholat yang dikeraskan bertujuan agar guru dapat membetulkan bacaan dan gerakan sholat siswa, sedangkan kelas 3-6 dilakukan di Masjid. Sholat berjamaah melatih kepemimpinan siswa, karena siswa diberi kepercayaan menjadi muadzin, iqomah dan membaca doa. - Sholat Jum’at
Sholat jum’at diikuti oleh siswa laki – laki kelas 6, dilaksanakan di mesjid, Bertujuan untuk melatih para siswa untuk melaksanakan sholat Jum’at sesuai degan rukun-rukunnya. Bagi siswa perempuan fiqunissa di bImbing oleh guru agama - Mabit ( Malam Bina Iman dan Taqwa)
Di laksanakan di kelas 3 -6. - Pesantren Ramadhan
Sebagai sekolah yang berupaya menanamkan nilai-nilai agama Islam, moment Ramadhan dioptimalkan dengan menyelenggarakan banyak kegiatan yang bermanfaat bagi pembinaan dan pengembangan jiwa muslim siswa.