Struktur Kurikulum, Program Penilaian, Pengembangan Karakter

Struktur Kurikulum

No Mata Pelajaran KELAS
I II III IV V VI
SDI SDI KH BL AKSL KH BL AKSL KH BL AKSL KH BL AKSL
  MUATAN NASIONAL                            
1 Agama Islam & Budi Pekerti 6 6 6 6 6 6 6 6 6 6 6 6 6 6
2 PPKn 5 6 6 6 6 4 4 4 4 4 4 4 4 4
3 Bahasa Indonesia 9 8 10 10 10 7 7 6 7 7 7 9 9 9
4 Matematika 6 6 7 7 7 7 7 7 7 7 7 10 10 9
5 IPA           4 4 4 4 4 4 6 6 6
6 IPS           2 2 2 2 2 2 3 3 2
7 Seni Budaya Dan Prakarya 3 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2
8 Pend.Jasmani Olahraga dan Kesehatan 3 3 3 3 3 3 3 3 3 3 3 3 3 3
  MUATAN LOKAL                            
9 Bahasa Inggris 4 4 4 4 6 4 4 6 4 4 6 4 4 6
10 Komputer 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2
11 Al Qur’an / Iqra 4 4 3 3 2 3 3 3 3 3 3 3 3 3
12 Pramuka   2 3 3 3 3 3 3 3 3 3      
JUMLAH 44 44 49 49 50 49 49 50 49 49 51 52 52 52

 

Proses Kegiatan Evaluasi Pembelajaran

  • Penilaian Formatif/Harian
    Dilakukan oleh guru untuk pencapaian Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar yang terdapat pada kurikulum.
  • Pekan Penilaian
    Dalam satu semester dilaksanakan 2 kali pekan penilaian, Pelaksanaannya seperti Penilaian Akhir Semester.
  • Penilaian Akhir Semester
    Dilaksanakan pada setiap akhir semester program akselerasi, tujuannya untuk mengukur pencapain Standar Kompetensi dan Kompetensi dasar yang dilaksanakan pada semester tersebut.
  • Penilaian Akhir Tahun
    Dilaksanakan pada setiap akhir Tahun Pelajaran tujuannya untuk mengukur pencapain Standar Kompetensi dan Kompetensi dasar dalam satu tahun pelajaran

 

Program Pembinaan Karakter Keimanan dan Ketaqwaan

  1. Sholat Dhuha
    Pembiasaan sholat Dhuha melatih siswa cinta beribadah dan mewujudkan rasa syukurnya kepada sang Pencipta, dilakukan oleh siswa di bawah bimbingan guru pada saat jam istirahat.
  2. Sholat Berjamaah
    Sholat Zhuhur untuk kelas 1-2 dilakukan di kelas di bawah bimbingan guru kelas dengan bacaan sholat yang dikeraskan bertujuan agar guru dapat membetulkan bacaan dan gerakan sholat siswa, sedangkan kelas 3-6 dilakukan di Masjid. Sholat berjamaah melatih kepemimpinan siswa, karena siswa diberi kepercayaan menjadi muadzin, iqomah dan membaca doa.
  3. Sholat Jum’at
    Sholat jum’at diikuti oleh siswa laki – laki kelas 6, dilaksanakan di mesjid, Bertujuan untuk melatih para siswa untuk melaksanakan sholat Jum’at sesuai degan rukun-rukunnya.  Bagi siswa perempuan fiqunissa di bImbing oleh guru agama
  4. Mabit ( Malam Bina Iman dan Taqwa)
    Di laksanakan di kelas 3 -6.
  5. Pesantren Ramadhan
    Sebagai sekolah yang berupaya menanamkan nilai-nilai agama Islam, moment Ramadhan dioptimalkan dengan menyelenggarakan banyak kegiatan yang bermanfaat bagi pembinaan dan pengembangan jiwa muslim siswa.